Kamis, 12 November 2009

105. Al-Fiil (Gajah)

Muqodimah:

Surat Al-Fiil ini terdiri atas 5 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyyah, diturunkan sesudah surat Al Kaafirun. Nama Al Fiil diambil dari kata Al Fiil yang terdapat pada ayat pertama surat ini, artinya gajah . Surat Al Fiil mengemukakan cerita pasukan bergajah dari Yaman yang dipimpin oleh Abrahah yang ingin meruntuhkan Ka'bah di Mekah. Peristiwa ini terjadi pada tahun Nabi Muhammad s.a.w. dilahirkan.


Inti dari surah ini:
Cerita tentang pasukan bergajah yang diazab oleh Allah s.w.t. dengan mengirimkan sejenis burung yang menyerang mereka sampai binasa.










Alam taro kaifa fa ala robbuka biash habil fiil
Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu Telah bertindak terhadap tentara bergajah[1601]? (QS. 105-1)




Alam yajal kaidahum fii tadlil
Bukankah dia Telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Ka'bah) itu sia-sia? (QS. 105-2)




Wa arsala alaihim thoiron abaabiil
Dan dia mengirimkan kapada mereka burung yang berbondong-bondong, (QS. 105-3)




Tarmiihim bihijaarotim min sijjiil
Yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar, (QS. 105-4)




Faja ‘alahum ka ashfimma’kul
Lalu dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat). (QS. 105-5)

[1601] yang dimaksud dengan tentara bergajah ialah tentara yang dipimpin oleh Abrahah Gubernur Yaman yang hendak menghancurkan Ka'bah. sebelum masuk ke kota Mekah tentara tersebut diserang burung-burung yang melemparinya dengan batu-batu kecil sehingga mereka musnah.


Penutup:
Surat Al Fiil ini menjelaskan tentang kegagalan pasukan bergajah yang dipimpin oleh Abrahah, karena Ka'bah dipelihara oleh Allah s.w.t.

Hubungan surah Al-Fiil dengan surah Al-Quraisy
Dalam surat Al Fiil, Allah s.w.t. menjelaskan kehancuran pasukan bergajah yang hendak merobohkan Ka'bah, sedang dalam surat Quraisy Allah memerintahkan kepada penduduk Mekah untuk menyembah Allah pemilik Ka'bah itu.


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by ArchitecturesDesign.Com Beautiful Architecture Homes