Senin, 16 November 2009

98. Al-Bayyinah (Bukti)

Muqodimah

Surat Al-Bayyinah terdiri atas 8 ayat, termasuk golongan surat-surat Madaniyyah, diturunkan sesudah surat Ath Thalaq. Dinamai Al Bayyinah (bukti yang nyata) diambil dari perkataan Al Bayyinah yang terdapat pada ayat pertama surat ini.

Inti dari surah ini
Pernyataan dari ahli Kitab dan orang-orang musyrik bahwa mereka akan tetap dalam agamanya masing-masing sampai datang nabi yang telah dijanjikan oleh Tuhan. Setelah Nabi Muhammad s.a.w. datang, mereka terpecah belah, ada yang beriman dan ada yang tidak, padahal Nabi yang datang itu sifat-sifatnya sesuai dengan sifat-sifat yang mereka kenal pada kitab-kitab mereka dan membawa ajaran yang benar yaitu ikhlas dalam beribadah, mendirikan sembahyang, menunaikan zakat.











Lamyakunilladziinakafaruu ahlillkitabi walmusyrikiina munfakkiina hatta ta'tiyahumul bayyinah
Orang-orang kafir yakni ahli Kitab dan orang-orang musyrik (mengatakan bahwa mereka) tidak akan meninggalkan (agamanya) sebelum datang kepada mereka bukti yang nyata, (QS. 98-1)




Rosuulumminalloohi yatluu shuhufan muthohharoh
(yaitu) seorang Rasul dari Allah (Muhammad) yang membacakan lembaran-lembaran yang disucikan (Al Quran), (QS. 98-2)




Fihaa kutubun qoyyimah
Di dalamnya terdapat (isi) kitab-kitab yang lurus[1594].(QS. 98-3)




Wamaa tafarroqolladzina uutul kitaaba illaa mimba'di maajaa at humul bayyinah
Dan tidaklah berpecah belah orang-orang yang didatangkan Al Kitab (kepada mereka) melainkan sesudah datang kepada mereka bukti yang nyata.(QS. 98-4)




Wamaa umiruu illaa liya'budulloha mukhliishiina lahuddina hunafa-a wayuqii mushsholaata wayu'tuzzakaa ta wadzaalika diinul qoyyimah
Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus[1595], dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian Itulah agama yang lurus. (QS. 98-5)




Innalladziinakafaruu min ahlil kitaabi walmusyrikiina fiinari jahannama khoolidiina fihaa. ulaa-ikahum syarrul bariiyah
Sesungguhnya orang-orang yang kafir yakni ahli Kitab dan orang-orang yang musyrik (akan masuk) ke neraka jahannam; mereka kekal di dalamnya. mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk. (QS. 98-6)




Innalladziina aamanuu wa-amilushshoolihaati ulaaikahum khoirul bariyyah
Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk. (QS. 98-7)




Jazaa-uhum 'indarobbihim jannaatu adnin tajrii min tahtihal anhaaru khoolidiina fiiha abada, rodhiyalloohu 'anhum warodhuu 'anh dzaalika liman khosyiya robbah
Balasan mereka di sisi Tuhan mereka ialah syurga 'Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha terhadap mereka dan merekapun ridha kepadanya. yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yang takut kepada Tuhannya (QS. 98-8)


[1594] yang dimaksud dengan isi kitab-kitab yang lurus ialah isi kitab-kitab yang diturunkan kepada nabi-nabi seperti Taurat, Zabur, dan Injil yang murni.
[1595] Lurus berarti jauh dari syirik (mempersekutukan Allah) dan jauh dari kesesatan.



Penutup
Dalam surat ini Allah menerangkan bahwa ajaran Muhammad s.a.w. adalah ajaran yang benar dan agama yang dibawanya adalah agama yang lurus yang mencakup pokok-poko ajaran yang dibawa nabi-nabi yang dahulu. Pada surat Al Bayyinah juga diterangkan orang yang akan mendapat balasan yang baik dan orang yang akan mendapat siksa.


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by ArchitecturesDesign.Com Beautiful Architecture Homes