Selasa, 17 November 2009

94. Alam Nasyrah (Bukankah Telah Kami Lapangkan)

Muqodimah

Surat Alam Nasyrah ini terdiri atas 8 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyah dan diturunkan sesudah surat Adh Dhuhaa. Nama Alam Nasyrah diambil dari kata Alam Nasyrah yang terdapat pada ayat pertama, yang berarti: bukankah Kami telah melapangkan.

Inti dari surah ini
Penegasan tentang nikmat-nikmat Allah s.w.t. yang diberikan kepada Nabi Muhammad s.a.w., dan pernyataan Allah bahwa disamping kesukaran ada kemudahan karena itu diperintahkan kepada Nabi agar tetap melakukan amal-amal saleh dan bertawakkal kepada-Nya.










alam nasyrah laka shadraka
Bukankah kami Telah melapangkan untukmu dadamu?, (QS. 94-1)




wawadha'naa 'anka wizraka
Dan kami Telah menghilangkan daripadamu bebanmu, (QS. 94-2)




alladzii anqadha zhahraka
Yang memberatkan punggungmu[1584]? (QS. 94-3)




warafa'naa laka dzikraka
Dan kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu[1585], (QS. 94-4)




fa-inna ma'al 'usri yusraan
Karena Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, (QS. 94-5)




inna ma'al 'usri yusraan
Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. (QS. 94-6)




fa-idzaa faraghta fanshab
Maka apabila kamu Telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain[1586], (QS. 94-7)




wa-ilaa rabbika farghab
Dan Hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap. (QS. 94-8)


[1584] yang dimaksud dengan beban di sini ialah kesusahan-kesusahan yang diderita nabi Muhammad s.a.w. dalam menyampaikan risalah.
[1585] meninggikan nama nabi Muhammad s.a.w di sini maksudnya ialah meninggikan derajat dan mengikutkan namanya dengan nama Allah dalam kalimat syahadat, menjadikan taat kepada nabi termasuk taat kepada Allah dan lain-lain.
[1586] Maksudnya: sebagian ahli tafsir menafsirkan apabila kamu (Muhammad) Telah selesai berdakwah Maka beribadatlah kepada Allah; apabila kamu Telah selesai mengerjakan urusan dunia Maka kerjakanlah urusan akhirat, dan ada lagi yang mengatakan: apabila Telah selesai mengerjakan shalat berdoalah.



Penutup
Surat Alam Nasyrah ini merupakan tasliyah (penghibur hati) bagi Nabi Muhammad s.a.w. Dalam surat Alam Nasyrah, Allah s.w.t. menjelaskan perintah kepada Nabi Muhammad s.a.w selaku manusia sempurna.


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by ArchitecturesDesign.Com Beautiful Architecture Homes